Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


INTERNASIONAL NASIONAL
SEJARAH ARTIKEL
Home Sejarah Kemerdekaan RI Kendalikan Krisis dengan Menjaga UKM

Kendalikan Krisis dengan Menjaga UKM

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Oleh Heri Hidayat Makmun

Sejarah RI dalam melawan krisis 1998 dan juga krisis ekonomi global tahun 2008 ini tidak dapat dilepaskan dari peran sektor usaha kecil yang dapat membentengi perekonomian nasional dengan memberikan nafkah bagi sebagian besar rakyat Indonesia.

Sector UKM (Usaha Kecil Menengah) atau jika dikementerian zaman SBY ini disebut dengan unit mikro kecil menengah (UMKM), ada ahli yang lebih senang menyebutkan sektor perekonomian kerakyatan, atau juga dengan sebutan usaha kecil, koperasi dan informal. Apapun namanya peran UKM ini sangat penting ketimbang peran konglomerasi dan kooporasi besar.

Bukti ini dapat dilihat dari data BPS tahun 2000. Ternyata jumlah unit usaha UKM sebanyak 39,04 unit dan menampung lapangan kerja sebanyak 74,4 juta orang atau 99,6 persen dari total angkatan kerja di Indonesia. Bisa dibayangkan koorporasi besar Indonesia ternyata hanya menyediakan lapangan kerja sebesar 0,4 persen saja dari total angkatan kerja kita. Tetapi sangat boros menghabiskan sumber daya nasional. Baik itu ketersediaan alam, seperti air, energi, hutan, mineral kita, kerusakan alam dan sebagainya.

Dilihat dari komposisi usaha untuk UKM yang berada di bawah nilai Rp. 1 miliar maka jumlah unit usaha kecil ini sebesar 99,85 persen, dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 88,66 persen. Pada volume usaha Rp. 1 milir sampai Rp. 50 miliar sebesar 0.14 persen, dengan menyerap tenaga kerja 10,78 persen. Untuk volume usaha di atas %0. 50 miliar menyerap tenaga kerja 0,56 persen.

Pada masa krisis ekonomi tahun 1997-1998 yang dialami Indonesia banyak perusahaan besar yang ambruk. Tetap justru UKM masih dapat bertahan ditengah tekanan krisis yang malah menjatuhkan rejim orde baru. Saya rasa pada krisis tahun 2008 juga sektor ini masih tetap bertahan.

Jelas sekali bahwa peran UKM pada perekonomian nasional benar-benar tertolong oleh penyediaan lapangan pekerjaan yang besar bagi rakyat Indonesia, tetapi faktanya menunjukkan bahwa sektor UKM yang sangat berjasa pada perannya disektor ril ini ternyata banyak “dimusihi” oleh penyedia modal. Baik itu dari lantai bursa, dunia perbankan, dan juga dari anggaran pemerintah. Mengapa seperti ini?

Dari sejak order baru yang sangat kapitalis dan selalu mengejar pertumbuhan, dengan harapan para konglemeret akan memberikan pekerjaan kepada tenaga buruh. Malah membuat sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terabaikan. Pada masa orde baru ini kekuatan UMKM benar-benar murni dana masyarakat mandiri. Perbankan tidak melakukan intermediasi kepada sektor ini, kecuali BRI yang masih ada.

Pada masa reformasi pun ternyata sektor UKM masih juga dilupakan. Walaupun perekonomian Indonensia berfilosofi bawah koperasi merupakan soko guru perekonomian kita, tetapi pakta dilapangan tidak menggambarkan seperti itu.

Baik pada massa Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati dan juga Susilo Bambang Yudhoyono sektor UKM masih saja menjadi anak tiri dinegeri ini. Sementara pengusaha besar dan konglomerat banyak sekali mendapat susuan dari berbagai arah, dari bursa saham, perbankan, dan dari pemerintah.

BLBI merupakan contoh bantuan pemerintah yang nilai luar biasa besarnya untuk para konglomerat dan pemilik usaha besar. Belum lagi berbagai dukuangan dari pada berbagai regulasi yang selalu menganak emaskan para konglomerat. Walaupun pada akhirnya mereka inilah yang banyak membawa lagi likuiditas kita yang berharga tersebut ke Singapura atau ke China.

Jangan bertanya peran apa yang diberikan bursa saham Indonesia, perbankan, dan lembaga keuangan non perbankan masih dari usaha untuk melakukan “intermediasi” kepada UKM. Peraturan dan kebijakan teknis kita yang menyebabkan UKM menjadi usaha yang dianggap kurang penting dan dianak tirikan.

Dari anggaran yang disediakan pemerintah baik APBN mupun APBD berdasarkan berbagai aturan sangat dimungkinkan APBN dan APBD untuk membantu usaha skala besar, tetapi sangat tidak dimungkinkan untuk membantu usaha kecil. Hal ini disebabkan perundangan dan peraturan yang ada untuk melakukan investasi pada pos pengeluaran pembiayaan pada APBN dan APBD harus kepada perusahaan yang berbadan hukum minimal PT. Di daerah pemda hanya menyalurkan dana investasinya kepada usaha Badan Usaha Milik Daerah. Baik APBN maupun APBD sulit untuk banyak diharapkan untuk memutar roda sektor ril dengan investasi langsung akibat masalah regulasi.

Mungkin manfaat anggaran hanya pada penyediaan infrastrukutur fisik yang dibangun pemerintah, tapi itu pun hanya bagi UKM yang berada diperkotaan. Sedangkan di pedesaan dan daerah-daerah terpelosok nyaris UKM tidak dapat menikmati sedikitpun dari keberadaan anggaran pemerintah. Apalagi bantuan permodalan yang merupakan permasalahan utama UKM, jauh panggang dari pada api.

Untuk menggerakkan sektor ril khususnya UKM Menteri Koperasi dan UKM Suryadarma Ali menyarankan untuk membentuk Bank UMKM, tetapi hal ini kurang disetujui oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie yang menganggap bahwa membangun bank sendiri untuk UMKM tidaklah mudah. Bakri lebih menginginkan peran BRI yang merupakan bank usaha kecil untuk lebih meningkatkan intermediasi dengan membangun cabang BRI yang khusus melayani UKM.

Selama ini pemerintah dianggap oleh kalangan pengusaha kecil hanya sibuk sendiri tanpa ada hasil yang nyata untuk membangun sektor ril baik koperasi, usaha kecil dan sektor informal. Pemerintah menganggap kesulitan para pengusaha kecil adalah masalah manajemen, tetapi para pengusaha justru dihambat oleh permasalahan permodalan.

Kapitalisasi dan liberalisasi telah menjerat pemerintah melalui produk reguulasinya yang anti UKM. Pemerintah diharapkan lebih tegas dan tidak setengah hati dalam membantu sektor koperasi dan UKM. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan akses usaha kecil dari dana anggaran, dari pihak perbankan, atau dengan membuat mekanisme khusus yang menyalurkan dana dari bursa saham ke sector koperasi dan usaha kecil.

Tentunya perlu dilakukan pengawasan dalam prakteknya. Tetapi bukti telah menunjukkan bahwa sector usaha kecil lebih disiplin dalam pengembalian kridit dari pada usaha besar, seperti kridit yang disalurkan oleh BRI sebagai satu-satunya bank yang masih peduli pada usaha kecil.

Kita mestinya belajar dari Taiwan, negara industri maju yang menyokong fondasi usaha kecil kecilnya, dan melakukan pertumbuhan ekonomi dengan mengandalkan sektor UKM ini. Demikian juga dengan Malaysia yang pemerintahnya secara serius memperhatikan baik secara regulasi, infrastruktur dan permodalan. Perkembangan UKM Malaysia mengalami kebangkitan terutama pada masa Mahathir Muhammad yang memperkuat usaha kecil persekutuan melayu Malaysia.

Demikianjuga dengan China. Industri mainan anak-anak di China sangat booming. Usaha mainan ini dikerjakan secara massal dengan melibatkan kooporasi besar yang berfungsi sebagai compile unit dan pemasar dari usaha-usaha kecil yang memproduksi berbagai perangkat penunjang usaha besar. Usaha besar dan kecil memiliki peluang yang sama untuk sama-sama berkembang dan memperoleh modal. Ini juga rahasia mengapa produk China demikian sangat beragamnya, ya.. karena diproduksi oleh banyak sekali tangan-tangan.

Anggaran China juga bisa memungkinkan disalurkan menjadi modal usaha kecil. Saya rasa ini kunci pokok mengapa China industrinya dapat booming, karena sinergi skala besar dan kecil secara seiring. Bahkan pemerintah China mendatangi secara langsung pengusaha kecil yang memiliki potensi yang kuat untuk maju, kemudian melakukan dukungan secara serius dari mulai ketersediaan modal, bantuan manajemen, dan akses pasar.

Pemerintah China juga sangat progresif untuk mengembangkan industri kecil untuk masuk ke akses pasar internasional. Pemerintah China yang mensurpey dan membaca peluang pasar internasional, kemudian hasilnya dilaporkan kepada pengusaha kecil tentang produk seperti apa yang dibutuhkan diluar negeri.

Coba bayangkan kondisi di Indonesia, justru koorporasi besar akan mencaplok pasar usaha kecil, karena Industri besar dan kecil berkompetisi dalam produk yang sama. Akibat kebijakan pemerintah yang tidak memberikan wadah dan segmen yang jelas untuk bagian mana sektor skala besar dan bagian mana untuk sektor skala kecil. Tumpang tindih ini yang menjadikan usaha kecil selalu menjadi korban, karena kalah bersaing akibat tidak memiliki akses modal.

Saya rasa pemerintah sudah banyak tahu juga mengenai ini, yang penting sekarang adalah political will untuk melakukan itu ada tidak. Itu yang penting. Para pengambil keputusan baik legislatif maupun eksekutif bercita-cita sama, yaitu mensejahterakan rakyat banyak.

Selain itu independensi dan kebebasan berpikir, dengan keluar dari daerah pengaruh para broker asing itu lebih penting lagi. Jika kembali dipertanyakan, mengapa walaupun soko guru perekonomian kita adalah koperasi dan usaha kerakyatan, tetapi mengapa regulasi kita tidak akomidatif terhadap usaha kecil? Jawabannya ada di Gedung DPR yang “digempur” para kapitalis.

Mereka yang dulu mendulang suara dari rakyat, setelah duduk di kursi empuk mendulang dana asing dari berbagai LSM dan lembaga seperti USAID yang menggelontorkan dana untuk mereformasi regulasi kita agar pro kepada korporasi besar, yang kemudian perusahaan besar yang gemuk dari bantuan pemerintah ini diprivatisasi, kemudian selanjutnya “pundi emas” korporasi nasional ini dicaplok asing.


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Pers Mesir Dikendalikan Pihak Militer
21/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Aktivitas media di Mesir seperti berada di dalam neraka, tidak mudah bagi seorang redaktur untuk membuat sebuah ilustrasi suatu kejadian tanpa adanya verifikasi dari pihak militer. Ini yang menyeba [ ... ]


Masyarakat Internasional Sambut Keberhasilan Pemilu Mesir
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Mesir kemarin (24/6) mengumumkan Mohamed Mursi, kandidat dari Ikhwanul Muslimin memenangkan pemilihan presiden. Dunia menyatakan sambutan atas terpilihnya Mursi dan lancarnya pelaksanaan pemilu di  [ ... ]


Afrika
Brasil Sambut Baik Kerja Sama Selatan-Selatan
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Tim Koordinasi Pengembangan Kerja Sama Selatan-Selatan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan/Wakil Kepala Bappenas RI, Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo, melakukan serangkaian pertemuan den [ ... ]


Chaves Melantik Wakil Presiden Veneziela
16/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan, Presiden Hugo Chavez sudah melantik mantan wakil Presiden Elias Jaua Milano menjadi wakil Presiden yang mengurusi urusan pemerintahan sekaligus m [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
NU Salah Satu Tiang NKRI
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Nahdlatul Ulama (NU) dianggap sebagai soko guru yang menjadi salah satu tiang NKRI. Menurut Ketua MK, Mahfud MD, NU selalu menjaga kesatuan itu. "Tiang sosiologis dan politis untuk kelangsungan NKRI [ ... ]


RMS Berupaya Lakukan Internasionalisasi Gerakan
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Gerakan dan aksi Republik Maluku Selatan (RMS) semakin lama semakin berani ini terbukti saat. Frans Sinmiasa diduga juga berperan penting dalam rencana pengibaran bendera "benang raja" saat puncak  [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Merasa Terancam dengan Negara Tetangga, Jepang Tambah Terus Anggaran Pertahanan
12/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut laporan media Jepang, pemerintah Jepang Senin lalu mengumumkan akan menambah anggaran pertahanan tahun 2014 sampai 4,8 triliun Yen, atau sekitar 300 miliar RMB. Jepang telah dua tahun ber [ ... ]


Korea Utara Tingkatkan Kemampuan Rudalnya
11/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Kesepakatan Korea Selatan dan Amerika Serikat yang akan meningkatkan kemampuan rudal Korea Selatan dengan meningkatkan jangkauan rudal Korea Selatan dari 300 Km ke 800 Km. Persetujuan mengenai jangkau [ ... ]


Perkembangan Militer
Konferensi Menteri Ekonomi ASEAN Ke-44 Diselenggarakan Dekat Angkor Wat
27/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN ke-44 (AEM ke-44) yang berlangsung lima hari dibuka di Siem Reap, Kamboja, dihadiri Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan, serta me [ ... ]


Pusat Study ASEAN di Universitas Brawijaya Diresmikan
20/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

ASEAN Study Centre (Pusat Studi ASEAN) di Universitas Brawijaya (UB), Malang, baru saja diresmikan (22/07). Pendirian Pusat Studi ASEAN (PSA) di UB tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama ant [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Karawang Pusat Lumbung Padi Pasukan Sultan Agung Melawan VOC
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Oleh : Heri Hidayat Makmun Karawang yang merupakan daerah yang masih hutan belantara dan berawa-rawa rencananya akan dibentuk menjadi lumbung pangan tersebut. Daerah ini pada Abad XV adalah tempat ul [ ... ]


Peran PMI Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan In [ ... ]


Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan dan Pendiri Organisasi Modern Boedi Utomo
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ki Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryani [ ... ]


Sejarah Perang Frontal Puputan Margarana di Tabanan Bali, 20 November 1946
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Latar belakang munculnya puputan Margarana sendiri bermula dari Perundingan Linggarjati. Pada tanggal 10 November 1946, Belanda melakukan perundingan linggarjati dengan pemeri [ ... ]


Basuki Rahmat Pahlawan Nasional Ikut Andil Dalam Menghadap Agresi Belanda II
Tim Admin Indonesian Voices

Basuki Rahmat merupakan seorang figur tokoh pahlawan nasional. Ia tidak hanya seorang jenderal, tetapi juga seorang politikus yang piawai dalam mendukung pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pria kelahir [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Masjid Agung Palembang menjadi Simbol Kebanggaan Masyarakat Sumatra Selatan
05/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Masjid Agung atau juga bernama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I di Kota Palembang ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Palembang, Sumatra Selatan. Letaknya yang berada di jantung kota dan [ ... ]


Benteng Kuto Besak, Benteng Bersejarah Kota Palembang
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bangunan ini dibangun selama 17 tahun di mulai pada tahun 1780 dan diresmikan pemakaiannya pada hari senin tanggal 21 Februari 1797.

Pemprakarsa pembangunan benteng ini adalah Sultan Mahmud Badarudd [ ... ]


Wisata ke Jatim Park 2 di Kota Batu Malang
04/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bagi Anda yang suka dengan wisata yang bersifat edukatif datanglah ke Kota Batu Malang. Objek wisata ini bernama Jatim Park 2 menjadi tempat wisata kebanggaan masyarakat Kota Batu, Malang. Selain J [ ... ]


Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Kota Jakarta Ulang Tahun yang Ke 485
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Berdasarkan sumber berita Kerajaan Portugal pada awal abad ke-15 ada permukiman yang bernama "kalapa", ada yang menyebut juga "Sunda Kalapa" yang menjadi bagian penting dari sebuah Bandar penting mas [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Display Payung di Salah Satu Rumah Makan di Kuta, Bali
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Payung pada umumnya hanya diartikan sebagai alat untuk pelindung dari hujan atau panas, tetapi dalam budaya nusantara payung sebenarnya memiliki makna yang luas dan dijadikan sebagai simbol-simbol ter [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]